Fuleco Armadillo adalah maskot resmi dari Piala Dunia FIFA 2014 di Brasil. Ini adalah Tolypeutes tricinctus, salah satu spesies armadilloasli Brasil dan dikategorikan sebagai spesies yang rentan pada IUCN Red List, secara resmi diluncurkan sebagai bagian dari acara hiburan TV Globo Brazil pada 25 November 2012. Penelitian telah mengungkapkan bahwa dia dipandang sebagai karakter menarik berpikir secara luas untuk mewakili kata, 'Brasil', 'Alam', 'Ramah' dan 'Semangat untuk Sepak bola'. Ini adalah portmanteau dari kata Futebol (football) danEcologia (Ecology). Nama Fuleco dipilih dari beberapa pilihan seperti, Amijubi (Amizade - Friendship dan Júbilo - Joy) dan Zuzeco (Azul -Blue dan Ecologia - Ecology) oleh lebih dari 1,7 juta penggemar sepak bola. Maskot, dengan sebuah pesannya yang mengandung tentang masalah lingkungan, terkait ekologi dan olahraga yang ternyata menjadi sangat populer dengan tim sepak bola di seluruh dunia.
Fakta
Dalam kata, Fuleco, bagian Ful berasal dari Futebol (Football) dan eco berasal dari Ecologia (Ecology). Ulang tahunnya bertepatan denganHari Tahun Baru. Ini adalah Tolypeutes tricinctus yang merupakan spesies langka dan memainkan bagian penting dalam gerakan lingkungan. Lebih dari 90% Masyarakat Brasil percaya Brasil 2014 akan menjadi ramah lingkungan. Nama Fuleco menang atas Zuzeco dan Amijubi dengan 48% suara.
Tidak hanya terkenal dan diakui oleh sebagian besar Masyarakat Brasil, dia juga tampaknya telah membangun hubungan dengan penggemar sepak bola dan telah menjadi tokoh populer, bahkan memperoleh julukan ‘tatu-bola’. Dia dengan cepat menjadi maskot yang paling sukses sepanjang masa di Piala Dunia FIFA
“
”
Thierry Weil, direktur pemasaran FIFA
Fuleco dipandang sebagai pribadi yang ceria dan menarik. Fuleco juga salah satu maskot Piala Dunia FIFA yang paling populer sepanjang masa, dengan 89% masyarakat Brasil yang sudah pernah melihat maskot tersebut dalam waktu dua hari setelah pengumuman. Karena telah menjadi bagian dari spesies yang terancam punah, dan menjadi bagian utama dalam turnamen Piala Dunia 2014, saat ini dia telah menjadi semakin populer, terutama terhadap anak-anak. Dalam sebuah poling, maskot ini mendapat skor 7.3 dari 10. Para penelitian juga telah menyimpulkan bahwa kata-kata seperti Brasil, alam, ramah dan semangat untuk sepak bola juga terkandung di dalamnya.